ubegebe

Catatan Padang Galir

Mereka Yang Berdiri di Belakang, Menjaga Kewarasan

Bernie & Elton dalam acara Academy Award 2020
Sumber foto: https://oscar.go.com/

Untuk setiap Zidane, selalu butuh Makelele. Selalu ada Wozniak untuk setiap Jobs. Dan Bernie Taupin pada setiap Elton John. Mereka adalah yang berdiri di belakang untuk menjaga kewarasan sang penampil. Bola yang akan diolah cantik oleh Zidane berasal dari sebuah sentuhan matang dari Makelele. Musik dan lagu yang akan dinyanyikan Elton John sudah disiapkan denga ciamik oleh Taupin. Setiap produk baru yang hendak diluncurkan Jobs, berasal dari prototype yang telah disiapkan dengan rapi oleh Wozniak.

Dia adalah Bernie Taupin. Seorang Inggris yang sekarang menghabiskan keseharian di peternakan miliknya di California, Amerika Serikat. Hampir semua lagu Elton John, mendapat sentuhan dari Taupin. Bahkan lagu yang mereka buat bersama di era kekinian “This Train Don’t Stop There Anymore” sarat dengan keindahan lirik dan melodi yang asik. Taupin yang membuat lirik menjadi sebuah metafora yang indah.

Berikut pendapat Elton John mengenai dirinya yang tercantum di blog pribadi Bernie Taupin:
“Without Bernie, basically, there wouldn’t have been an Elton John. I mean, without that stroke of good fortune and kismet as it were, Elton John probably wouldn’t have happened. I’m just a purveyor of Bernie’s feelings, Bernie’s thoughts”

“Why put another layer of gold paint on the Bentley when you are losing the entire engine?”, begitu reaksi Zidane ketika manajemen Real Madrid melepas Makelele dan merekrut David Beckham. Begitu pentingnya peran Makelele, sampai Zidane merasa Madrid telah telah kehilangan seluruh mesin permainan. Makalele tak sering membuat gol. Bahkan juga jarang memberikan umpan untuk sebuah gol. Tapi dia (hampir) selalu mampu memberikan jaminan kepada Zidane untuk bermain lepas. Jaminan yang membuat Zidane bisa menunjukkan kemampuan hebatnya dalam bermain sepakbola.

Bersama Steve Jobs, Wozniak mungkin hanya dianggap sekedar “another Steve”. Wozniak tak pandai berbicara. Penampilan pun layaknya anaknya jenius yang punya dunia sendiri. Ia tak akan pernah seterkenal Jobs. Padahal tanpa Steve Wozniak, tak ada temuan-temuan awal Apple yang brilian. Wozniak yang merancang sendirian sistem teknis Apple I dan Apple II. Produk yang membuat Steve Jobs yakin untuk berjualan dan mengubah dunia. Wozniak lah di balik semua penampilan percaya diri Steve Jobs.

Makelele, Wozniak dan Taupin bukanlah mereka yang ditakdirkan untuk tampil glamour. Mereka tak peduli sorak-sorai atau kilau kamera dari media. Tugas mereka cuma satu, memastikan sekondan mereka tampil baik dan tak mengecewakan. Mereka lah jalan senyap itu sendiri. Mereka Harun kepada Musa. Mungkin juga Hatta kepada Sukarno. Berdiri diam memastikan sang proklamator menyampaikan kemerdekaan dengan gagah.

Categories: #RupaRupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *